Tutorial Voxler untuk Geolistrik


Seorang geofisikawan dituntut untuk dapat memiliki keterampilan dalam mengoperasikan perangkat-perangkat lunak untuk pemetaan dan pengolahan data geofisika seperti Res2Inv, Res3Inv, ArcGis, Gravmag, Mag2DC, Voxler dan beberapa yang lain. Bahkan software tersebut sudah dapat juga di download secara gratis versi ori atau cr**k via internet. Setiap software yang ada memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Sehingga seorang geofisikawan harus mampu menguasai beberapa software-software geofisika sehingga dapat mengkolaborasikannya yang mampu menghasilkan suatu model yang baik. Salah satu software yang coba saya jelaskan disini adalah Voxler yang merupakan salah satu perangkat lunak keluaran golden software. Voxler memiliki kemampuan yang cukup baik dalam menggambarkan model bawah permukaan dalam bentuk 3D yang dengan interpolasi trilinear. 

Data 3D yang baik adalah data yang diperoleh ketika dilakukan pengambilan data dilakukan metode slice akan tetapi pada tutorial ini tidak seperti itu ia hanya sejajar dengan jarak elektroda 10 m dengan total 16 elektroda, adapun jarak antar lintasannya yaitu 10 m. Silahkan download tutorial dibawah ini dan juga data untuk latihannya.


Silahkan download tutorialnya : TutorialVoxler.pdf
Silahkan download datanya      : Data
 Password RAR : www.ndyfais.com
Share on Google Plus

About Fais Wahid

Saya saat ini seorang mahasiswa strata 1 Geofisika di Universitas Hasanuddin yang mencoba untuk berbagi pengetahuan saya walau pun saya sendiri juga masih belajar.