Pengolahan Data Geolistrik 2D dengan Res2Inv

Pengolahan data Geolistrik dapat menggunakan berbagai software seperti Res2Inv, IP2Win, Matlab dan lain sebagainya. Pada tulisan kali ini saya akan mencoba memaparkan cara mengolah data Geolistrik Resistivitas menggunakan software Res2Inv. Pengolahan Data Resistivity menggunakan Software RES2DINV.
  1. Menjalankan Software RES2DINV yang ada pada PC. 
  2. Memilih File kemudian Read Data File. 
  3. Kemudian akan muncul jendela “input 2D resistivity data file”, pada kolom “file name” masukkan file yang akan dieksekusi (wenner kelompok5.dat). Dalam jendela ini file yang ditampilkan hanya file yang berekstensi dat (*.dat). setelah itu klik “Open”. 
  4. Pada menu inversion, pilih "choose logarithm of apparent resistivity" sehingga muncul kotak dialog “use logarithm of apparent resistivity”, pilih “Use apparent resistivity” kemudian “OK”. 
  5. Langkah selanjutnya adalah melakukan inversi, dengan langkah – langkah sebagai berikut. Inversion / least squares inversion. 
  6. Pada jendela yang baru ini, pada kolom “file name” input data yang telah di-read data file tadi (line 5 wenner.inv), kemudian “save”, . 
Berikut hasilnya :

Untuk lebih lengkapnya silahkan anda download tutorialnya beserta data latihan berikut :
Password RAR : www.ndyfais.com
Share on Google Plus

About Fais Wahid

Saya saat ini seorang mahasiswa strata 1 Geofisika di Universitas Hasanuddin yang mencoba untuk berbagi pengetahuan saya walau pun saya sendiri juga masih belajar.