Marhaban Ya Ramadhan

Alhamdulillahirobbil’alamin, bulan suci Ramadhan sudah dihadapan kita, bulan yang dipenuhi dengan berbagai macam keberkahan dan keutamaan. Marilah kita sambut kedatangannya, menghormatinya sebagai mana menghormati tamu. Dan untuk menyambutnya aku ganti template putih sebagai tanda suci.

Rasulullah SAW telah bersabda, ”Jika ummatku mengetahui nilai-nilai yang terkandung di dalamnya, pasti mereka berkeinginan supaya semua bulan dalam setahun terdiri dari Bulan Ramadhan seluruhnya”.

Marhaban Ya Ramadhan, selamat datang Ramadhan. Engkau adalah tamu kami yang agung. Engkau datang membawa berkah bagi kami. Kami bahagai dengan kedatanganmu. Kami bangga karena dengan kehadiranmu ruhani kami menjadi tersirami.

Inilah bulan ketika kita diundang menjadi tamu Allah dan dimuliakan oleh-Nya. Di bulan ini nafas kita menjadi tasbih, tidurpun bernilai ibadah, amal-amal ibadah kita insya Allah diterima, permohonan dan doa kita diijabah. Mari bersihkan diri, sucikan hati, raih kemenangan dalam indahnya Ramadhan.

Mari kita sambut Ramadhan dengan Kegembiraan, Rasulullah SAW pernah berpesan kepada ummatnya : “Akan segera datang kepada kalian bulan Ramadhan, bulan yang penuh keberkahan. Allah SWT bersama kalian pada bulan itu, maka diturunkanlah rahmat, diampuni dosa-dosa dan dikabulkan do’a dan permintaan. Allah melihat kalian berlomba-lomba dalam kebaikan, lalu diikutkan bersama kalian malaikat-malaikat. Maka tunjukkanlah kepada Allah kebaikan diri kalian, sesungguhnya orang yang rugi adalah mereka yang tidak mendapatkan rahmat Allah”

Terlalu sayang kalau kita lewatkan hikmah dan keutamaan bulan suci Ramadhan, apalagi hukumnya wajib bagi ummat Islam demi terciptanya kesempurnaan keimanan dan ketaqwaan kepada sang Kholik, seperti telah disebutkan di dalam Surat Al-Baqarah ayat 183, “Wahai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu sekalian berpuasa, sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu sekalian menjadi orang-orang yang bertaqwa”.

Oh Ramadhan, kaulah bulan yang penuh barakah, karena kehadiranmu pintu surga dibuka selebar-lebarnya dan karenamu jua pintu neraka ditutup serapat-rapatnya.

Oh Ramadhan, karena engkaulah setan-setan dibelenggu. Karena kehadiranmu ada satu malam yang keutamaan beramal didalamnya lebih baik daripada beramal seribu bulan di bulan lain, yakni malam Lailatul Qadr.

Karenamu setiap hari ada malaikat yang menyeru menasehati siapa yang berbuat baik agar bergembira dan yang berbuat ma’shiyat agar menahan diri.

Karenamu semoga bisa menutup dan menghapus dosa-dosa yang telah lalu. Dan karenamu semoga siapa yang bisa mengambil hikmahnya, akan meraih predikat Muttaqin sehingga bisa mendapatkan pintu khusus yang bernama BabuRayyaan sebagai sarana untuk Daholal Jannah, khoolidiina fiiha abadan. Amin.

Tak lupa mohon maaf atas segala kesalahan dan kekhilafan, dan selamat menjalankan ibadah puasa bagi ummat Islam. Dan 1 hal lagi besok usiaku udah bertambah jadi 16 tahun semoga aja ini pertanda kalau aku dilahirkan ke bumi ini penuh dengan berkah , amiend...
Share on Google Plus

About Fais Wahid

Saya saat ini seorang mahasiswa strata 1 Geofisika di Universitas Hasanuddin yang mencoba untuk berbagi pengetahuan saya walau pun saya sendiri juga masih belajar.